Cara Memasak yang Menyehatkan




Sumber Gambar : Google Images

Sebagian besar orang tentu paham bahwa cara memproses dan memasak makanan menentukan apakah makanan tersebut dapat dikategorikan sebagai makanan sehat atau tidak. Cara memproses makanan yang salah dapat membuat suatu makanan sehat menjadi berbahaya, bahkan dapat membuat makanan tersebut mengandung tinggi lemak dan karsinogenik. Untuk itu, berikut kami bagikan tips cara memasak makanan yang aman dan menyehatkan.
  1. Steaming atau mengukus. Mengukus adalah salah satu proses memasak makanan dalam wadah tertutup dan menggunakan uap untuk mematangkan makanan. Proses ini adalah cara yang paling tepat untuk memperoleh makanan sehat, karena tidak perlu menambah lemak selama proses pemasakan. Bahkan, lemak dalam makanan dapat luruh setelah melalui proses pengukusan. Bahan makanan yang cocok untuk diproses dengan metode ini antara lain sayuran, kacang-kacangan, daging ikan dan daging ayam.
  2. Stir-frying atau menggoreng dengan suhu sangat tinggi dalam waktu singkat. Karena waktu yang dibutuhkan sangat singkat, sebaiknya bahan makanan yang akan dimasak dipotong-potong terlebih dahulu agar seluruh bagian matang. Selain itu Anda harus berkonsentrasi selama proses stir-frying karena suhu yang sangat tinggi mengharuskan Anda untuk selalu mengaduk dan membolak-balik makanan agar tidak menempel pada permukaan panci. Cara ini dapat mencegah makanan dimasak secara berlebihan dan menurunkan resiko karsinogenik.
  3. Broiling atau pemanasan. Proses ini sangat mudah, hanya menempatkan makanan secara langsung dengan sumber panas seperti kompor elektrik. Mirip seperti memanggang, namun dalam proses broiling panas berasal dari bagian atas makanan, bukan dari bawah. Cara ini merupakan proses pembuatan makanan sehat karena bersifat kering, artinya Anda tidak perlu menambah minyak sehingga tidak ada tambahan asupan lemak berlebih.
  4.  Microwaving atau proses pengolahan makanan dengan microwave. Seperti halnya mengukus, cara ini sangat cocok diaplikasikan untuk mengolah sayuran karena dapat mempertahankan warna asli sayuran dan menjaga agar kandungan gizi seperti vitamin dan mineral tidak rusak selama proses pemasakan.
  5. Presto. Berbagai olahan Presto bisa menjadi santapan lezat karena mengolah makanan dengan cara ini hanya membutuhkan sedikit air dan waktu sehingga vitamin dan mineral tidak terbuang percuma dalam proses memasak namun tetap terjaga dalam makanan. Selain itu, panci presto tetap tertutup rapat akibat uap yang keluar selama proses perebusan sehingga mampu memperkuat rasa masakan tanpa perlu menambah minyak untuk membuat rasa lebih enak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memasak yang Menyehatkan"

Post a Comment