Tips Menyusui dengan Pompa ASI

Banyaknya ASI yang dikeluarkan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan buah hati kita. ASI merupakan satu-satunya makanan yang tepat untuk pencernaan si kecil. Oleh karena itu, Bunda wajib mengusahakan pengeluaran ASI yang lancar meskipun harus memerahnya dengan pompa ASI. Ada banyak tips lain yang dapat membantu melancarkan produksi ASI berikut ini.
Google Images

Istirahat Cukup
Rasa lelah akan mengganggu psikologis Anda sehingga malas menyusui dan membuat ASI sulit keluar. Lebih baik nyamankan diri dan beristirahat dengan baik ketika mulai masa menyusui. Minta orang lain membantu menyelesaikan tugas rumah tangga Anda.

Tingkatkan Frekuensi Menyusui
Bila ASI tidak keluar, jangan justru berhenti menyusui. Anda harus lebih meningkatkan frekuensi menyusui buah hati karena dari hisapan, payudara akan terangsang untuk mengeluarkan ASI. Kalau bayi sedang tidur atau sulit menyusu, coba bantu dengan penyedot ASI yang bisa dibeli di Sukamart.

Perawatan Payudara
Perawatan payudara sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang menutupi saluran pengeluaran ASI di puting. Selain itu, ada pijatan lembut yang dapat membantu melancarkan pengeluaran ASI. Jika ASI tidak dapat keluar dengan lancar, maka ia akan membengkak dan membuat ibu merasakan nyeri hebat.

Nutrisi
Anda bisa membantu pengeluaran ASI dengan mengonsumsi beberapa makanan pelancar seperti daun katuk dan banyak mengonsumsi air putih. Jaga asupan nutrisi Anda selama menyusui agar kualitasnya tetap terjaga. Jika masih sulit mengeluarkan ASI, bantu dengan pompa ASI tapi tetap menyusukan langsung pada buah hati.

Teknik Menyusui yang Benar
Pelajari kembali teknik menyusui yang benar. Mungkin hisapan buah hati Anda tidak menghasilkan air susu karena kurang tepat, yang dihisap hanya putingnya saja. Seharusnya, hisapan dilakukan sampai ke bagian areola. Jika bayi malas menyusu, bangunkan dia dan paksa menyusu. Jangan dibiarkan saja bayi tidur pulas tanpa menyusu lebih dari 2 jam.
Hilangkan Stress


Apapun masalah Anda, sebaiknya dienyahkan saat ini. Fokus pada teknik menyusui yang benar untuk si kecil. Masih belum bisa membuat ASI lancar? Boleh menggunakan pompa ASI elektrik atau manual. 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menyusui dengan Pompa ASI"

Post a Comment