Amankah Beli Rumah Take Over Kredit Bank BTN?

Sumber Gambar : Google Images

Pernahkah anda terpikir untuk membeli rumah take over kredit bank BTN? Take over kredit disini bisa diartikan oper kredit. Jadi anda nantinya membeli sebuah rumah dari penjual, dimana proses angsuran kreditnya belum lunas arau selesai. Meski terkesan agak ribet ternyata proses jual beli rumah seperti ini bisa dilakukan dan dianggap sah jika sudah memenuhi persyaratan yang biasanya sudah ditentukan oleh pihak bank.

Lalu bagaimana dengan keamanan proses jual beli? Apakah proses beli rumah take over kredit bank BTN tersebut bisa terjamin keamanannya? Jawabannya tergantung dari si pembeli sendiri. Pembeli dalam hal ini harus bisa lebih bijaksana menyikapi proses alih kredit rumah tersebut. Ia diharapkan sudah mengetahui tata caranya sehingga nantinya diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman yang merugikan kedua belah pihak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak ilustrasi berikut.

Parman sedang mencari rumah untuk ditempati bersama keluarganya. Secara kebetulan ia dipertemukan dengan Agus yang berniat menjual rumahnya. Rumah si Agus ini ternyata masih posisi kredit di bank BTN. Ada sisa angsuran selama 1 2 bulan dengan besar angsuran Rp 1,5 juta. Singkat cerita, Parman setuju untuk membeli rumah si Agus sekaligus melanjutkan sisa cicilan selama 12 bulan.

Setelah 12 bulan mencicil angsuran, tibalah waktunya si Parman hendak mengambil sertifikat tanah ke bank BTN. Sesampainya di bank ternyata Parman justru tidak bisa mengambil sertifikat karena Parman hanya membawa kuitansi jual beli rumah dari si Agus.

Dari ilustrasi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kita perlu lebih cerdas saat melakukan transaksi oper kredit. Pastikan anda sudah tahu berkas berkas apa saja yang diperlukan sehingga tidak akan mengalami kejadian seperti si Parman. Atau jika perlu ajak pihak bank turut serta saat transaksi sehingga anda bisa mengetahui berkas apa saja yang perlu dilengkapi untuk keperluan mengambil sertifikat nanti. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menghubungi bagian pelayanan bank BTN pada setiap jam kerja.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Amankah Beli Rumah Take Over Kredit Bank BTN?"

Post a Comment