Cara Menghemat Energi Listrik Pada Pemakaian AC

Penggunaan AC atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang terutama bagi mereka yang tinggal di kota berudara panas seperti Jakarta, Surabaya, dan juga Pontianak. Semakin banyaknya penggunaan AC tentu akan berdampak pada naiknya biaya listrik yang harus dibayarkan setiap bulannya. Bahkan kenaikan TDL (Tarif Dasar Listrik) yang baru-baru ini terjadi akan semakin memberatkan bagi para pengguna listrik. Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara menghemat energi listrik pada pemakaian AC. 



    AC termasuk salah satu jenis peralatan elektronik yang membutuhkan energi listrik yang cukup besar selain mesin cuci dan juga lemari es. Sehingga penghematan energi listrik pada AC akan berdampak secara signifikan terhadap jumlah energi listrik yang digunakan. Adapaun cara menghemat energi listrik pada pemakaian AC adalah sebagai berikut.

1.    Pilih AC hemat energi
Saat ini banyak merk yang menawarkan AC hemat energi. Namun untuk lebih memastikannya maka anda harus melihat spesifikasi yang terdapat pada AC tersebut, lihatlah jumlah watt yang dibutuhkan dan juga EER    . Semakin kecil watt yang dibutuhkan dan semkin tinggi EER maka AC tersebut akan semakin hemat energi.
2.    Pilih AC dengan PK yang sesuai
PK adalah suatu ukuran kapasitas pendingin ruangan. Untuk bisa menentukan PK yang cocok maka anda harus mengetahui dimana AC tersebut akan diletakkan.
3.    Nyalakan AC jika diperlukan saja
Gunakan AC seperlunya, karena menggunakan AC ketika kita tidak berada didalam ruangan adalah suatu pemborosan. Anda bisa menggunakan timer yang terdapat pada AC sehingga ketika anda tertidur maka AC secara otomatis akan mati sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
4.    Tutup jendela saat menyalakan AC
Ketika anda menyalakan AC, maka lebih baik tutuplah jendela dan semua ventilasi ynag terdapat pada ruangan tersebut. Hal ini dilakukan agar AC lebih cepat mendinginkan ruangan sehingga lebih hemat energi listrik
Nah itulah beberapa upaya menghemat energi listrik pada pemakaian AC. 

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain AC, mesin cuci juga merupakan peralatan elektronik yang membutuhkan banyak energi listrik. Oleh sebab itu anda juga perlu menghemat energi listrik pada pemakaian mesin cuci. Untuk menghemat energi listrik pada mesin cuci, anda bisa menggunakan deterjen Rinso. Rinso dipilih karena sudah terbukti ampuh dalam menghilangkan berbagai noda yang membandel secara cepat. Sehingga kerja mesin cuci menjadi tidak begitu berat dan tentunya akan lebih menghemat energi listrik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghemat Energi Listrik Pada Pemakaian AC"

Post a Comment