Langkah Sederhana Untuk Pencegahan Diare


Diare merupakan penyakit yang dapat dengan mudah menjangkiti masyarakat kita karena pola hidup bersih yang masih rendah di sebagian daerah. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan diare yang sederhana adalah mencuci tangan pakai sabun lifebuoy yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Jika di lingkungan kita sudah terkena penyakit diare, maka anda bisa menanggulanginya dengan memberikan makanan dan minuman yang matang, jangan sampai mereka mengkonsumsi makanan mentah, serta tambahan asupan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh agar cepat sembuh.

Menjaga diri dari penyakit diare dapat dengan mudah dilakukan oleh semua kalangan, yaitu dengan melakukan pola hidup bersih dimana pun berada, baik di rumah maupun di luar rumah. Diare pada bayi dapat dicegah dengan pemberian ASI dan berbagai makanan yang bergizi sebagai makanan pendamping. Selain itu dapat dicegah juga dengan membuang kotoran bayi ke dalam jamban dan membersihkan sisa kotoran dengan antiseptik dan desinfektan. Sebagai langkah pencegahan diare, harus dimulai sejak pembuatan wc di rumah anda, yaitu tersedianya air bersih yang memadai dan wc yang memenuhi syarat sanitasi seperti jarak jamban dan rumah kita, atau jarak dari jamban orang lain dengan sumber air paling tidak harus berjarak 10 meter untuk mencegah terjadinya kontaminasi antara air dan kuman dari jamban tersebut, dengan demikian air yang kita gunakan untuk keperluan sehari-hari dapat terjamin kebersihannya.

Selain pada ketersediaan sanitasi yang bersih, langkah untuk mencegah dari penyakit diare bisa dilakukan dengan cara meminum air yang sudah matang dengan proses direbus terlebih dahulu hingga mendidih dan makan makanan yang sudah dimasak hingga matang. Pada bayi, usahakan anda memberikan ASI eksklusif dan makanan pendamping yang sehat sesuai usia bayi anda, agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga. Bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif biasanya memiliki daya tahan lebih baik terhadap diare dari bayi yang mengkonsumsi susu formula menggunakan botol. Maka dari itu tetaplah anda memberikan ASI eksklusif kepada bayi anda.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Langkah Sederhana Untuk Pencegahan Diare"

Post a Comment