Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak


Pendidikan merupakan aset bagi masa depan seorang anak. Bagi anda orang tua yang menginginkan sang buah hati mendapatkan pendidikan terbaik harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Sebagai orang tua, tentunya anda tak ingin putra putri anda mendapatkan kualitas pendidikan yang biasa saja hanya karena kurangnya biaya yang anda miliki. Untuk itulah, anda membutuhkan tabungan pendidikan anak agar masa depan pendidikan anak-anak anda lebih terjamin. Dalam menabung untuk tujuan ini pun, sebaiknya dipikirkan dengan baik. karena menabung tidak sekedar membuka rekening dan membeli produk tabungan pendidikan.

Dalam memilih tabungan pendidikan anak, hal yang perlu  diperhatikan antara lain: 

Waktu. Usahakan untuk mulai menabung sedini mungkin. Semakin lama menabung maka uang akan semakin berkembang. Jangka waktu yang lama berarti memberikan anda kesempatan untuk menyisihkan lebih sedikit anggaran anda setiap bulan. Untuk itu, carilah tabungan pendidikan yang memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Salah satunya perhatikan tingkat bunga yang ditawarkan oleh pihak bank. Jumlah uang. Jangan lupa perhatikan berapa jumlah uang yang dibutuhkan oleh anak anda.

Tentunya faktor jenjang pendidikan dan tujuan sekolah juga menjadi faktor penentu. Semakin tinggi jenjang pendidikan akan semakin membutuhkan banyak biaya. Begitu pula dengan tujuan sekolah, jika anda berniat menyekolahkan anak-anak anda di luar negeri dengan biaya sendiri tanpa beasiswa. Maka mulailah menghitung jumlah biaya yang dibutuhkan ketika putra putri anda sekolah di luar negeri. Tentu dipengaruhi oleh kurs dan sebagainya. Jangan samakan biaya pendidikan luar dan dalam negeri.

Pilih instrumen penyimpanna yang tepat. Ada banyak instrumen dalam tabungan pendiidkan anak. Pilihlah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Ada tabungan, saham, reksadana, obligasi dan deposito. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Ada resiko yang harus ditanggung pada setiap instrumen. Kalau memilih tabungan, perhatikan dengan benar faktor inflasinya. Anda harus mencermati kondisi pasar modal jika memilih yang sejenis dengan reksa dana atau saham.

Untuk mengetahui, apa saja yang dibutuhkan dalam memilih tabungan pendidikan untuk anak dan informasi terkait dengan lengkap, kunjungi situs Futuready.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak"

Post a Comment