Izin Usaha Di Indonesia Untuk Jasa Konstruksi


Untuk bisa melaksanakan usaha dalam bidang kontruksi di indonesia, setiap perusahaan wajib izin usaha di indonesia untuk jasa kontruksi. Untuk usaha kontruksi sendiri meliputi, jasa kontruksi yang dilaksanakan oleh kontraktor, jasa pengawas dan perencana konstruksi yang dilaksanakan konsultan dan jasa pelaksanaan kontruksi yang dilaksanakan kontraktor. Izin usaha yang diberikan untuk jasa kontruksi ini merupakan jenis zizin usaha yang akan dikeluarkan pemerintah pada suatu perusahaan yang bergelut dalam bidang kontruksi untuk bisa menjalankan kegiatan sebagai kontraktor atau sebagai konsultan. Bagi perusahaan yang tidak memiliki izin resmi tidak bisa melaksanakan tender proyek pemerintah, penanaman modal asing, bumn atau jasa proyek swasta yang lainnya.

Untuk dasar hukum dari izin usaha jasa konstruksi sendiri sudah ditetapkan dalam peraturan menteri no 4 tahuan 2011 mengenai pedoman persyaratan dalam pemberian izin usaha untuk jasa kontruksi skala nasional. Sedangkan untuk tahapan dalam memperoleh izin usaha di indonesia untuk jasa kontruksi adalah sebagai berikut:

Pertama, sertifikat keahlian. Bagi tenaga hal wajib memiliki sertifikat keahlian minimal ada 2 orang. Bagi usaha jasa pelaksanaan kontruksi dengan kualifikasi kecil, cukup mempunyai sertifikat keterampilan saja. Kedua, pendaftaran sebagai anggota asosiasi. Untuk perusahaan jasa kontruksi wajib terdaftar menjadi anggota asosiasi perusahaan konstruksi yang telah terakreditasi di LPJK. Ketiga, sertifikat badan usaha. Sertifikat ini wajib dimiliki oleh jasa pelaksana konstruksi, jasa konstruksi terintegrasi dan jasa pelaksana dan pengawasan konstruksi baik dalam tingkat yang kecil, menengah maupun besar. Keempat, izin usaha bidang kontruksi. Proses prizinan ini bisa langsung diajukan setelah pihak perusahaan mempunyai sertifikat badan usaha yang telah dikeluarkan oleh LPJK nasional atau pun propinsi. Itulah proses tahapan dalam membanguan perusahana jasa kontuksi yang akan didirikan d indoensia. Untuk masa berlaku izin yang ada dalam bidang konstruksi hanya 3 tahun saja atau bisa mengikuti masa berlaku sertifikat badan usaha, namun izin ini bisa diperpanjang. Semoga dengan adanya BKPM izin usaha dalam bentuk apapun bisa berjalan dengan lancar dan mudah prosesnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Izin Usaha Di Indonesia Untuk Jasa Konstruksi"

Post a Comment