Tips Membuat Puding Buah Mangga Lebih Kenyal dan Tidak Mudah Berair


Ada banyak variasi puding buah yang bisa kita nikmati sebagai dessert atau camilan biasa. Tak hanya enak tapi puding juga memberi efek menyegarkan bahkan mengenyangkan. Apalagi puding buah yang terlebih dulu disimpan di kulkas, sensasi kesegarannya sangat terasa jika dinikmati siang hari ketika udara panas.

Saat ini salah satu varian puding yang paling disukai adalah puding buah mangga. Memanfaatkan musim mangga seperti sekarang, tentu bukan hal yang sulit untuk membuat puding mangga sendiri. Atau kalau tidak mau ribet tinggal samperin outlet terdekat yang menyediakan puding dari ekstrak buah-buahan.

Rasa yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding mangga sangat disukai. Terlebih cara membuat puding mangga sendiri terbilang instant, tak perlu menunggu lama untuk prosesnya sehingga bisa langsung dinikmati.

Dibalik kenikmatan puding buah, makanan penutup yang identik dengan warna-warna cerah ini memiliki beberapa kelemahan, salah satunya mudah lembek dan berair meskipun sudah disimpan dalam kulkas.

Nah, supaya puding buah lebih awet dan tidak mudah berair sebaiknya ikuti tips-tips di bawah ini!

Biarkan puding dingin dengan sendirinya

Setelah dituang dalam kondisi panas biarkan puding mendingan dengan sendirinya dalam cetakan. Jangan langsung meletakkan puding dalam kulkas ketika masih panas. Selain merubah tekstur puding, menaruh sesuatu yang masih panas dalam kulkas juga akan merusak komponen kulkas itu sendiri.

Puding yang masih panas tapi langsung ditaruh dalam kulkas membuat permukaan puding cepat berair karena uap panas yang mengalami perubahan suhu mendadak. Demikian juga puding panas yang langsung ditutup juga menimbulkan uap air yang merusak bagian permukaan puding itu sendiri.

Kurangi komposisi air dari takaran yang yang dianjurkan

Jika membuat puding dari bahan puding instant yang dijual dipasaran, biasanya sudah tertera cara pembuatan termasuk takaran airnya. Jika misalnya dibalik kemasannya tertulis takaran air 400ml (2 gelas) sebaiknya takaran dikurangi menjadi 350ml atau 375ml.

Cara ini akan membuat puding tetap kenyal dan tidak mudah berair meski baru akan disajikan beberapa jam lagi.

Simpan puding yang dingin dengan penutup

Seperti yang disebutkan diawal, menyimpan puding yang masih panas dalam kulkas sangat tidak dianjurkan karena membuatnya mudah berair. Namun sebaliknya ketika puding sudah benar-benar dingin sebaiknya segera disimpan dalam kulkas setelah terlebih dulu ditutup wadahnya.

Puding yang sudah dingin tapi terlalu lama dibiarkan dalam suhu ruangan kandungan airnya juga mudah keluar. Segera masukkan dalam kulkas setelah ditutup menggunakan plastic wrap.

Jangan simpan di kulkas terlalu lama

Supaya lebih awet puding buah sebaiknya memang disimpan dalam kulkas. Namun menyimpan dalam kulkas terlalu lama juga kurang baik sebab sebenarnya puding adalah jenis makanan yang harus disajikan ketika masih fresh.

Jika memang harus menyimpan dalam kulkas sebaiknya puding segera dikonsumsi sesegera mungkin. Simpan dalam kulkas 3-4 jam sebelum disajikan. Puding yang disimpan berhari-hari dalam kulkas tidak hanya membuatnya berair namun kemungkinan rasanya juga berubah.

Sajikan ketika masih fresh

Puding instant yang dijual dipasaran komposisi bahannya memang mengandung pengawet. Namun ketika sudah melalui proses pembuatan hasilnya tidak bisa diawetkan. Oleh karena itu sebaiknya puding disajikan ketika masih fresh.

Bagaimana cara menjaga puding buah tetap fresh? Buatlah puding 2-3 jam sebelum disajikan. Jika lebih dari waktu tersebut kemungkinan puding sudah lembek sebelum sampai di meja makan, apalagi jika takaran airnya melebihi takaran yang dianjurkan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Puding Buah Mangga Lebih Kenyal dan Tidak Mudah Berair"

Post a Comment